Memahami Besaran Biaya Pembelian Dengan Simulasi Kredit Motor Yamaha

dealer yamaha

Simulasi kredit motor Yamaha disediakan untuk membantu calon pembeli dalam mengetahui keseluruhan biaya pengeluarannya. Calon konsumen hanya perlu memasukkan jenis kendaraan, jumlah DP, dan tenor. Hasilnya, nilai angsuran perbulan akan terlihat.

Setiap dealer sebenarnya menetapkan harga jual kendaraan yang sama. Namun bila menggunakan metode kredit, terkadang ditemukan hasil yang berbeda. Ini semua tergantung pada besaran bunga yang dimasukkan dalam elemen perhitungannya.

Anda yang ingin mengetahui secara rinci tentang perhitungannya, baiknya Anda mengunjungi langsung di situs resmi Yamaha Motor. Di sini, Anda akan memperoleh gambaran jelas tentang berapa besar harga jual produk secara keseluruhan.

Elemen Yang Dihitung Dalam Simulasi Kredit Motor Yamaha

Menghitung keseluruhan biaya bisa dilakukan secara manual. Tapi Anda perlu mengetahui elemen yang dihitung secara rinci. Jika tidak, perhitungan Anda akan meleset.

Elemen simulasi kredit motor

Anda yang tidak mau repot, cukup gunakan layanan simulasi kredit motor Yamaha yang tersedia di website resmi dari dealer yang Anda tuju. Di situ, Anda akan lebih mudah menghitungnya. Diantara elemen yang masuk dalam perhitungan adalah sebagai berikut.

  1. Harga Jual Kendaraan

Setiap dealer sudah melabeli jenis kendaraannya dengan harga standar. Itu menjadi acuan bilamana Anda akan melakukan pembelian secara cash. Begitu juga bila Anda membelinya secara kredit.

Harga yang dipatok sebenarnya tidak berubah. Perubahan harga keseluruhan yang meningkat ini disebabkan oleh adanya bunga. Bunga ini ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan yang menalangi pembelian kredit Anda di dealer Yamaha.

  1. Down Payment

Elemen yang menjadi acuan tentang besaran cicilan di tiap bulannya akan terhitung secara akurat dengan merujuk pada down payment. Semakin besar uang muka yang dikeluarkan, angsurannya akan lebih kecil.

Dan perlu diingat bahwa besaran DP ini bisa dipilih oleh calon pembeli. Batas minimum DP di dealer ini adalah 10 persen dari harga OTR. Dan ini bisa dipertinggi, tergantung kemampuan dari calon pembeli.

  1. Tenor

Lama masa pelunasan ini juga akan dijadikan elemen penghitung. Semakin lama masa pelunasan, maka cicilan akan semakin ringan. Sebaliknya bila lebih pendek, praktis biayanya perbulan akan semakin besar.

Untuk durasi tenor dalam metode kredit motor Yamaha ini juga bisa ditentukan oleh pembeli. Anda bisa memilih tenor 12, 24 ataupun 36 bulan. Masing-masing bisa diputuskan, bergantung pada kemampuan Anda dalam membayar.

Jenis Bunga Dalam Kredit Motor

Suku bunga akan mempengaruhi pada nilai cicilan. Besar kecilnya bergantung pada jenis bunga yang ditetapkan oleh perusahaan. Lalu, apa saja jenis bunga yang digunakan oleh pihak dealer?

Jenis Bunga Kredit Motor

  1. Bunga Tetap

Anda memang bisa memanfaatkan DP murah kredit motor Yamaha di manapun. Contohnya adalah di Anugerah Motor yang ada di https://dealeryamaha.co.id/yamaha-motor/.

Namun Anda harus memahami jenis bunga yang ditetapkan. Karena inilah yang akan mempengaruhi pada nilai angsuran.

Salah satu jenis bunganya adalah bunga tetap. Jenis ini menggambarkan bahwa suku bunganya akan tetap untuk jangka waktu tertentu. Kemudian di tahun berikutnya mungkin berbeda.

  1. Bunga Flat

Jenis ini menggambarkan tentang besaran bunga yang sama dari awal sampai akhir. Misalnya bunganya hanya 2%, praktis inilah yang akan dijadikan patokan setiap bulannya sampai akhir pelunasan.

  1. Bunga Mengambang

Jenis yang terakhir ini disesuaikan dengan kondisi pasar. Bisa saja bunganya akan naik, bisa juga turun.

Sebagai calon pembeli, pahami besaran cicilan perbulannya. Simulasi kredit motor Yamaha bisa dimanfaatkan. Tentunya simulasi ini akan bernilai akurat jika Anda melakukannya di dealer yang dituju. Dan ini bisa dijadikan pembanding antara satu dealer dengan dealer lainnya.